Follow me on Twitter RSS FEED

tips-tips membeli keyboard

Posted in

berikut adalah tips-tips bagi anda yang hendak membeli keyboard,,semoga berguna,,silahkan lanjutkan pembacaan artikelnya,,,,
selengkapnya....





UNTUK KEBUTUHAN APA?
Anda perlu menetapkan dulu, untuk kebutuhan apa keyboard yang akan Anda beli, apakah sekedar untuk hiburan di rumah, untuk organ tunggal (ortung), untuk menata musik di studio, untuk band, dll.
1. Home Entertainment (hiburan di rumah)
Jika untuk hiburan di rumah, berarti Anda tidak begitu membutuhkan keyboard yang sangat canggih. Kira-kira yang Anda butuhkan adalah :
- Bisa menyimpan berbagai macam style (musik pengiring) buatan/custom di samping style preset bawaan keyboard. Fitur style editor tidak terlalu di haruskan, apabila Anda memang tidak berniat/tidak sempat untuk belajar membuat style sendiri. Dengan keyboard tanpa style editor/composer, Anda harus membeli atau mendownload style-style buatan orang lain. Carilah tipe keyboard yang sudah banyak penggunanya, ini memudahkan Anda untuk mencari style di kemudian hari
- Hiburan di rumah jarang yang menggunakan sound system terpisah. Berarti Anda butuh keyboard yang output dari internal speaker keyboarnya udah cukup kuat. Paling tidak volume dari si speaker tersebut tidak tertutup apabila seluruh anggota keluarga Anda bernyanyi. Tapi volume internal speaker ini, jangan seperti di paksa.
- Punya fasilitas Song/Sequencer Midi. Ini mungkin wajib, kalau Anda belum terlalu bisa bermain keyboard. Dan fungsi keyboard Anda nantinya ingin Anda fungsikan seperti mesin karaoke untuk mengiringi Anda beserta keluarga menyanyi.
2. Organ Tunggal
Untuk organ tunggal, akan sangat kompleks, meliputi :
- Sound output harus bagus. Bagus di low, mid dan high.
- Bisa mengakomodir berbagai jenis lagu.
- Disarankan keyboard yang punya fasilitas Style editor, karena nantinya belum tentu style yang Anda butuhkan tersedia di tempat lain, jadi Anda bisa membuat style-style yang Anda butuhkan lewat style editor ini.
- Ukuran dan bobot keyboard di sarankan yang bisa memudahkan Anda untuk mobile. Tidak terlalu berat, tidak terlalu ringkih, dll.
- Untuk beberapa daerah, ada fanatisme merk yang tertanam di masyarakat. Pertimbangkan apakah Anda ingin mengikuti trend merk yang berkembang di daerah Anda atau mau mencoba menggunakan merk lain yang belum pernah ada di daerah Anda.
- Jika Anda menggunakan jasa player independent atau player sewaan, tanya kepada player tersebut dan beberapa player lain, merk dan tipe apa yang paling mereka sukai dan kuasai.
3. Studio/penata musik
- Carilah keyboard yang menyediakan sound yang FLAT, atau nature. Tidak terlalu banyak eq pada outputnya. Ini mempermudah pada proses mixing.
- Disarankan Keyboard tersebut mempunyai fasilitas sound edit. Ini mempermudah Anda untuk mencari dan membetuk sound baru ciri khas Anda.
- MIDI di wajibkan. Minimal kita akan menggunakan koneksi MIDI untuk synchronize dengan sequencer/media rekam.
- Style editor/composer tidak di wajibkan, karena dengan fasilitas MIDI kita bisa menata musik lewat media sequencer lain.
4. Band
Untuk aplikasi band, paling sederhana. Anda hanya perlu memperhatikan sound-sound yang tersedia pada keyboard tersebut. Dan sesuaikan dengan kebutuhan jenis musik band Anda.

TUTS
Jumlah Tuts harus Anda perhatikan, jika Anda tidak terlalu sering atau bahkan tidak pernah memainkan part piano, berarti Anda belum membutuhkan keyboard yang tutsnya lebih dari 5 oktaf (61 Tuts). Kalau Anda membeli keyboard untuk latihan piano di rumah, belilah digital piano atau keyboard yang tutsnya hammer action. Tuts hammer ini terasa lebih “berat” ketika di tekan, dan hampir mirip tuts piano asli.

MEDIA PENYIMPANAN
Saat ini, teknologi media penyimpanan sudah sangat beragam. Mulai dari disket, flash disk sampai berbagai jenis memory card sudah tersedia. Untuk media simpan menggunakan Disket butuh perhatian extra dalam perawatan si disket. Di samping itu, kapasitas simpannya sangat kecil di banding flash disk dan memory card yang beragam.
Jadi pertimbangkan, apakah nantinya Anda membutuhkan media penyimpanan yang besar atau tidak.
Dan beberapa jenis/tipe keyboard telah menyediakan memory internal.

PELAYANAN PURNA JUAL / SERVICE CENTER
Hal ini harus benar-benar jadi pertimbangan Anda. Apakah mudah mencari service center apabila terjadi kerusakan atau gangguan terhadap keyboard yang akan Anda beli nanti. Bagaimana ketentuan-ketentuan Garansi keyboardnya.

PAKET PENJUALAN
Tanyakan apakah dengan harga yang Anda bayar nantinya, Anda mendapatkan perangkat lain selain keyboard. Misal stand/kaki, softcase (tas), dll. Periksa kelengkapan aksesoris keyboard Anda. Sampai ke CD Drivernya harus Anda perhatikan. Jika tidak ada, tanyakan kepada si penjual.

BARU ATAU SECOND
Untuk keyboard baru, cek status garansinya. Kalau second, Anda harus cek dengan teliti keadaan barang tersebut. Tidak ada salahnya Anda mengajak rekan Anda yang berprofesi sebagai player keyboard yang sekaligus mengerti tentang elektronik.

HARGA
Sebelum memutuskan untuk membeli, tetapkan anggaran yang Anda sediakan untuk keyboard tersebut. Dan jangan sungkan untuk survey harga di beberapa toko.

REFERENSI
Carilah referensi sebanyak-banyaknya tentang kelebihan dan kekurangan keyboard yang akan Anda beli. Jangan cepat puas dengan promo yang mengunggulkan kelebihan-kelebihan keyboard tersebut, tapi carilah informasi tentang kekurangannya juga. Karena teknologi tidak ada yang sempurna, semua pasti ada keterbatasan dan kekurangan.
————————————————————————————–
Kira-kira segini dulu tambahan tips dari saya di samping tips-tips lain yang bapak, ibu dan rekan-rekan dapatkan di tempat lain.

0 komentar:

Posting Komentar