Follow me on Twitter RSS FEED

tipe-tipe jebakan reservoir

Posted in
Jenis-jenis Perangkap reservoir

Perangkap reservoir merupakan hal yang sangat penting dalam penentuan terdapatnya minyak dan gas bumi.Di dalam zona perangkap biasanya hidrokarbon yang ada selalu diikuti adanya air di dalamnya, dimana air akan selalu berada di bagian bawah dan hidrokarbon berada di bagian atas akibat gaya vertical keatas(Gaya hidrostatik).Hal ini dikarenakan adanya perbedaan berat jenis antara air dan hidrokarbon.Pada zona perangkap reservoir ini juga terdapat gaya hidrodinamik yaitu bila dalam zona tersebut terdapat berbagai gaya lain yang bekerja (tidak hanya gaya vertical), missal adanya gaya yang disebabkan oleh adanya air yang bergerak ke suatu arah yang menyebabkan arah gaya resultan tidak vertical keatas tetapi agak miring. Hal ini menyebabkan bidang potensial dalam hal ini batas antara minyak dan hidrokarbon (minyak dan gas bumi) juga akan miring.

selengkapnya....

Dalam kenyataan di lapangan ada tiga jenis atau tipe perangkap reservoir, yaitu perangkap struktur, perangkap stratigrafi dan perangkap kombinasi antar keduanya.
1. Perangkap Struktural
Peangkap ini terbentuk karena adanya deformasi di dalam lapisan batuan yang berisi hidrokarbon atau minyak dan bumi. Perangkap structural ini dibedakan menjadi dua macam yaitu fault traps(perangkap struktur yang berupa sesar) dan anticlinal traps(peangkap structural yang berupa lipatan pada bagian antiklin).
• Perangkap Sesar
Perangkap sesar ini terjadi ketika formasi dari salah satu bagian dari sesar(baik yang HW atau FW) bergerak. Akibat dari berpindahnya salah satu formasi tersebut menyebabkan adanya bentukan yang dijadikan jalan dalam proses migrasi minyak dan gas bumi, dan kemudian minyak dan gas bumi yang telah bermigrasi akan terperangkap dalam zona sesar tersebut. Kadang fault trap ini terjadi karena salah satu bagian formasi dari sesar batuannya bersifat porous dan permeable dan yang satunya bersifat impervious. Minyak dan gas bumi bermigrasi melalui sisi dari formasi yang bersifat porous dan permeable dan kemudian minyak dan gas bumi tersebut tidak bias keluar karena terperangkap oleh bagian dari formasi yang bersifat impervious.

2. Perangkap Lipatan

Perangkap lipatan ini merupakan perangkap yang paling penting dalam pencarian reservoir minyak dan gas bumi. Unsur yang mempengaruhi pembentukan lapisan ini adalah adanya lapisan penyekat yang berada dia bagian atas dan pinggir, lapisan ini berfungsi sebagai penutup atau penghalang bagi minyak dan gas bumi untuk keluar setelah bermigrasi di dalam zona ini.

3. Perangkap Stratigrapfi

Perangkap stratigraphi merupakan perangkap yang terjadi karena adanya berbagai variasi lateral dalam litologi suatu lapisan reservoir atau penghentian dalam kelanjutan penyaluran minyak dan gas bumi.

Dalam perangkap stratigrafi ini ada beberapa unsure utama sebagai syarat terbentuknya perangkap ini yaitu:

  • Adanya perubahan sifat litologi dengan beberapa sifat reservoir karena prosese pembajian, penyepihan atau persentuhan dengan bidang erosi sehingga dapat berfungsi sebagai penghalang permeabilitas.
  • Adanya lapisan penutup atau penyekat yang menghimpit lapisan reservoir kea rah atas dan pinggir.
  • Kedudukan struktur lapisan reservoir yang sedemikaian rupa sehingga dapat menjebak minyak yang naik.

Stratigrafi trap ini dapat secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu Traps related to unconformities, Diagenetic traps, dan Sedimentological traps.

  • Traps related to unconformities

Pada tipe ini hidrokarbon dapat terperangkap dibawah suatu unconformity oleh adanya truncation. Atau berada diatas lapisan unconformity ketika lapisan yang berporous berada pada posisi “jungkir balik” dengan lapisan unconformity.

  • Diagenetic traps

Perangkap ini biasanya terjadi pada reservoir dari batuan karbonat yang disebabkan oleh cementation, dissolution and dolomitization yang berkembang kearah lateral.

  • Sedimentological traps

Tipe ini terbentuk karena proses deposisional yang menghasilkan suatu lapisan berporous teriolasi oleh lapiasan yang bersifat impermeable. Contoh Point bar yang dikelilingi oleh plain clays dalam fluvial system danBatu karang di lagoonal dan marine shales

4. Perangkap Campuran (kombinasi)

Perangkap ini merupakan tipe perangkap reservoir yang terbentuk oleh adanya kombinasi antara perangkap stratigrafi dan struktur.

0 komentar:

Posting Komentar